Bukan Uang! Inilah Modal Menerbitkan Buku

Bukan Uang! Inilah Modal Menerbitkan Buku

Modal menerbitkan buku sendiri (self publishing) bukan hanya uang saja. Akan tetapi ada hal lain yang sama pentingnya. Apa sajakah model seorang penulis agar lebih kreatif dan produktif? Sehingga lebih sering menghasilkan karya bermanfaat dan sukses dari segi penjualannya.

Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan merupakan modal utama bagi seorang penulis. Jika semakin banyak knowledge yang dikuasainya, maka semakin banyak juga tulisan yang bisa dihasilkan. Pengetahuan itu tidak hanya terbatas pada bidang tertentu saja.

Anda bisa menambah pengetahuan lain yang merupakan cabang keilmuan atau bidang yang ditekuni. Dengan begitu, Anda berpeluang membagikan lebih banyak pengetahuan kepada pembaca. Tentunya dengan menyampaikan informasi atau pesan yang bermanfaat untuk pembaca.

Baca juga: Tips Agar Harga Penerbitan Buku Lebih Hemat

Keuntungan Penulis Cetak Naskah di Penerbitan Buku Online

5 Kiat Memilih Jasa Penerbitan Buku Berkualitas

Minat Baca Tinggi

Jangan dianggap sepele, membaca adalah aktivitas wajib bagi setiap penulis. Karena rutinitas ini akan memperkaya informasi, pengetahuan dan wawasan. Dengan begitu, bisa menambah referensi di dalam tulisannya. Sehingga tulisan Anda bisa memberikan banyak manfaat bagi banyak orang.

Kalau karya Anda bisa memberikan pengaruh dan perubahan positif para pembaca, tentunya menjadi sebuah kepuasan dan kebanggaan tersendiri. Jadi, tidak hanya senang karena bukunya laris di pasaran, namun juga memberikan manfaat besar bagi pembacanya.

Dengan begitu, tidak hanya bisa berharap tulisan Anda dibaca oleh orang lain. Tetapi harus selalu menambah bahan bacaan, agar tulisannya tidak monoton dan memberikan wawasan lebih luas.

Pengalaman

Pengalaman akan selalu menjadi guru terbaik bagi setiap orang, begitu juga dengan penulis. Seseorang akan lebih lancar menuangkan gagasan atau tulisan berdasarkan pengalaman pribadinya. Sebagai contoh menulis novel berdasarkan cerita nyata yang dialaminya. Contoh lainnya adalah mengubah karya ilmiah, skripsi dan disertasinya menjadi karya buku berkualitas.

Kemauan Tinggi untuk Menulis

Agar bisa menghasilkan tulisan berkualitas tentunya membutuhkan kemauan keras. Tulisan yang bagus membutuhkan pemikiran yang kreatif, dinamis, unik, dan harus disesuaikan dengan minat pembacanya. Karena itu, seorang penulis juga dituntut untuk mempelajari banyak tulisan orang lain.

Kemauan dan semangat yang tinggi adalah modal penting bagi penulis. Selain itu, harus senantiasa berpikir positif. Agar tetap menjaga mood selalu baik, sehingga dapat menghasilkan tulisan berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca.

Keuletan dan Kesabaran

Ulet dan sabar harus selalu dilakukan seorang penulis secara konsisten. Karena berbagai rintangan dan tantangan pasti akan menghadang. Jadi harus selalu menggali potensi diri, supaya tetap bisa menciptakan berbagai karya dan inovasi lebih bagus.

Proses menulis membutuhkan waktu yang berbeda-beda, tergantung dari kesiapan bahan tulisannya. Selain itu, juga tergantung dari ketersediaan waktu untuk memulai menulis. Setidaknya, penulisan naskah akan dimulai dengan beberapa tahap, mulai dari penulisan, revisi, penyuntingan dan publikasi.

Menerbitkan Buku Secara Mandiri

Anda bisa mengirimkan naskah ke berbagai penerbit mayor. Sayangnya, proses seleksi naskahnya memang tidak cepat. Karena sudah pasti banyak antrian naskah, sehingga diperlukan waktu khusus dalam seleksinya.

Kalau Anda tidak ingin melewati birokrasi penerbit mayor yang ketat, maka menerbitkan sendiri adalah solusi terbaiknya. Anda memang harus menyiapkan anggaran tersendiri. Namun sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga budget yang dikeluarkan tetap terukur.

Penerbit sudah menyiapkan berbagai paket cetak buku, dengan spesifikasi dan harga tertentu. Anda bisa memilih sesuai dengan ketersediaan anggaran dan kebutuhan. Untuk memastikan buku bisa terjual dengan cepat, sehingga keuntungannya lebih optimal.

Nah, itulah beberapa modal menerbitkan buku yang penting dipahami setiap penulis. Apalagi kalau masih terbilang baru, sehingga harus memahami dunia penulisan profesional. Pengetahuan dan jam terbang sangat mempengaruhi hasil tulisan. Karena itu, perbanyak kedua hal tersebut, agar keinginan menjadi penulis handal tidak hanya sekadar impian.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.