Tips Penting Sebelum Cetak Buku Novel

Tips Penting Sebelum Cetak Buku Novel

Selain menawarkan ide cerita dan karakter yang menarik, sebuah novel juga harus tampil berkesan. Untuk itu, perlu berbagai pertimbangan sebelum cetak buku novel. Karena itu, penulis harus bisa berkolaborasi dengan editor, layouter dan desainer cover buku.

Sampul Novel Harus Memikat

Desain cover yang unik dan menarik sangatlah penting. Karena bisa memberikan kesan pertama dan ketertarikan pembaca untuk membelinya. Desain sampul bisa menampilkan gambar atau ilustrasi sesuai dengan isi ceritanya. Penentuan jenis dan ukuran font judul juga harus diperhatikan.

Sebuah cover novel harus bisa mengundang rasa penasaran. Desainnya juga harus bisa mewakili seluruh tema dan isi ceritanya. Penentuan judul juga bisa mempengaruhi pembaca. Jadi pastikan dalam penentuan desain sampul melalui berbagai pertimbangan.

Baca juga: Tips Agar Harga Penerbitan Buku Lebih Hemat

Bukan Uang! Inilah Modal Menerbitkan Buku

Tips Memilih Judul Buku yang Menarik

Suguhkan Sinopsis Cerita yang Menarik

Selain tampilan cover buku, sinopsis juga menjadi perhatian penting bagi pembaca. Bagian ini menyuguhkan cuplikan isi novel. Oleh karenanya, penulisan dan pemilihan kata sebuah sinopsis novel harus ringkas, menarik dan mengundang penasaran. Sehingga pembaca tidak berpikir panjang lagi untuk segera membeli novelnya.

Jika mampu menampilkan sinopsis cerita yang menawan, maka meskipun penulisnya belum ternama tetap bisa memikat calon pembaca. Sehingga peluang buku terjual dengan angka fantastis sangat terbuka lebar. Apalagi kalau ditunjang dengan program promosi dan pemasaran yang tepat.

Tampilkan Biografi Singkat Penulis

Penulis novel seringkali menjadi pertimbangan bagi pembaca. Semakin terkenal biasanya mampu menyuguhkan cerita yang unik dan memikat. Jadi kompetensi dan pengalamannya dalam menulis novel tidak perlu diragukan lagi. Sehingga bisa memuaskan para pembacanya, dari pemilihan ide cerita lebih segar, alur cerita menegangkan dan sebagainya.

Lalu bagaimana bagi penulis novel pendatang baru? Semisal novel tersebut adalah karya pertamanya. Tidak menjadi masalah, karena tentu ada keunikan tersendiri yang bisa dipaparkan. Semisal latar belakang pendidikan, komunitas yang diikuti dan sebagainya.

Terbitkan Novel di Penerbit Berkualitas

Sebaiknya menawarkan naskah novel kepada penerbit mayor atau penerbit indie? Pada dasarnya kedua jenis penerbitan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jika Anda rela menunggu proses seleksi naskah, maka pilihannya kepada penerbit mayor. Sebaliknya, kalau merasa naskah novelnya sangat menarik dan harus segera diterbitkan, maka menerbitkan secara indie adalah langkah terbaiknya.

Namun, pastikan tidak sembarangan dalam pemilihan penerbitnya. Oleh karena, belum tentu memberikan layanan memuaskan dengan hasil cetak berkualitas. Jadi, jangan hanya tergoda dengan tawaran biaya murah saja. Pastikan mereka juga mampu mengemas novel semenarik mungkin.

Sebab terkadang karena minim pengetahuan dan pengalaman, penerbit menerbitkan novel dengan kualitas rendah. Hal itu terlihat dari pemilihan jenis kertas, penentuan jenis serta ukuran font yang tidak nyaman dibaca. Desain covernya pun sangat tidak menarik, sehingga memupus harapan bisa memikat banyak pembaca.

Gencar Lakukan Promosi Buku

Sebagus apapun novel yang Anda tulis, kalau tidak didukung dengan promosi yang tepat, maka hasil penjualannya tidak sesuai harapan. Sebab informasi penerbitan novel tersebut tidak terdengar atau tidak diketahui pembaca.

Apalagi kalau Anda menerbitkan novel secara mandiri atau dengan jalur self publishing. Maka harus sangat gencar dalam melalukan promosi.

Sebenarnya ada banyak media promosi yang bisa digunakan, baik berbayar maupun tidak berbayar. Anda bisa mengandalkan blog atau website, media sosial, marketplace, komunitas sebagai target pembaca dan sebagainya.

Anda bisa menerapkan berbagai model promosi yang memikat. Sebagai contoh membuat konten-konten menarik untuk diposting di media sosial. Kemudian lakukan penawaran menarik di marketplace, berupa potongan harga, gratis ongkos kirim, cashback dan sebagainya.

Dengan berbagai tips cetak buku novel, harapannya bisa membukukan hasil penjualan optimal. Selain itu, memulai mengenalkan penulis kepada target pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.