Perbedaan Kover Buku Doff dan Glossy

Perbedaan Kover Buku Doff dan Glossy

Ibarat sebuah rumah, yang pertama kali dilihat adalah teras alias wajah rumah. Demikian juga halnya buku, yang pertama kali dilihat orang adalah sampulnya. Bagi industri buku, pernyataan bahwa jangan menilai orang hanya dari kover atau sampulnya itu tidak revelan. Oleh karena itu, penting sekali kover buku itu dipoles dan dibuat menarik.

Industri percetakan sekaligus penerbitan dewasa ini semakin canggih dan berkembang. Zaman dulu sampul buku hanya hitam dan putih, kemudian berkembang berwarna, sampai aneka jenis kertas dan laminasi. Nah, laminasi inilah yang penting dari sebuah sampul buku.

Baca juga :Tiga Rekomendasi Buku Manajemen yang Harus Anda Baca

Laminasi merupakan proses melapisi kertas yang sudah dicetak. Biasanya, proses laminasi ini menggunakan lembaran film plastik bening dan tipis untuk melapisi permukaan bahan cetakan. Proses ini penting untuk memberikan hasil percetakan itu elegan, mewah, dan berkualitas. Sementara itu, manfaat praktisnya tentu saja untuk melindungi kertas dari goresan atau sobekan.

Kemudian, penggunaan laminasi ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu laminasi doff dan laminasi glossy. Keduanya memiliki perbedaan dan keunggulan masing-masing. Apa saja perbedaan dari kedua jenis ini, berikut penjelasannya:

Laminasi glossy

Laminasi jenis ini memberikan lapisan cetak yang berkilau, mengkilap, licin,  dan dapat memantulkan cahaya di permukaan kertasnya. Selain itu, laminasi glossy ini akan memberikan kesan pada tinta gambar yang lebih pekat dan kentara karena laminasi jenis ini memiliki keunggulan untuk menyerap warna. Sementara itu, kertas yang sudah dilaminasi glossy akan lebih tahan terhadap air.

Kemudian, laminasi glossy ini banyak digunakan untuk media promosi oleh para perusahaan karena memiliki kualitas tulisan, warna, dan gambar yang lebih tajam. Oleh karena itu, kalau Anda ingin memiliki sampul buku yang keren dan memikat, sangat disarankan untuk menggunakan laminasi glossy ini.

Beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan memilih laminasi glossy:

  1. Laminasi Glossy sangat direkomendasikan untuk cetakan yang sering dipegang atau gunakan karena memberi perlindungan lebih tinggi dan maksimal serta mudah dibersikan ketika terkena debu atau kotoran;
  2. Cetakan dengan tampilan visual yang lebih elegan, mengkilat, dan tajam.
  3. Harga lebih terjangkau

Laminasi doff

Laminasi jenis ini merupakan jenis laminasi yang berkebalikan dari laminasi glossy tadi. Laminasi doff tidak memberikan efek berkilau, mengkilat, dan bisa memantulkan cahaya. Biasanya, laminasi doff ini gigunakan untuk melapisi hasil cetakan seperti tulisan atau gambar agar bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah kotor.

Laminasi jenis ini sangat direkomendasikan kalau Anda ingin melihat sampul buku lebih terlihat buram dan memiliki tekstur sedikit kasar. Namun, laminasi doff ini memiliki kelemahan karena rentan terhadap goresan, lipatan, dan kotoran yang nempel pada sampul buku.

Beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan memilih laminasi doff:

  1. Direkomendasikan untuk hasil cetakan yang akan ditempatkan di bawah pencahayaan langsung karena laminasi doff tidak memantulkan cahaya;
  2. Cetakan yang jarang disentuh atau digunakan secara terus menerus karena laminasi doff lebih rentan tergores, lecet, dan mudah kotor.
  3. Hasil cetakan yang lebih sederhana dengan corak yang minimalis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.