Tips Memilih Judul Buku yang Menarik

tips memilih judul buku

Sebuah buku harus memiliki judul yang memikat. Sehingga bisa merangsang orang untuk membacanya. Judul buku harus “menjual”, supaya memudahkan tim marketing menggaet target pasarnya. Seperti apa tips memilih judul buku yang menarik?

Judul adalah fokus utama bagi pembaca, sebelum memutuskan membeli buku. Sedangkan bagi penulis biasanya baru menentukan judul di akhir penulisan naskahnya. Berkali-kali revisi bisa saja dilakukan, agar memastikan judulnya benar-benar menarik.

 

Seperti apa judul buku yang menarik?

Setiap orang memiliki ketertarikan tersendiri terhadap judul buku. Namun secara umum, pembaca akan lebih terpikat dengan judul buku yang menjanjikan solusi atau manfaat. Khususnya untuk judul buku non fiksi. Jadi tidak sekadar pengetahuan saja, tetapi juga bisa menjadi problem solver.

 

Lalu, bagaimana cara membuat judul buku yang memikat?

 

  1. Tuliskan Topik Naskah Buku

Semisal Anda akan menulis buku mengenai tips menulis buku teks. Pada tahapan ini, Anda bisa merangkai judul bukunya menjadi “Tips Menulis Buku Teks”.

 

  1. Jadikan Judul Buku Lebih Spesifik

Judul buku yang Anda buat di atas terbilang masih sangat luas cakupannya. Bisa jadi sudah ada penulis lain yang sudah merilis buku dengan judul tersebut. Karena itu, judul bukunya harus dibuat semakin spesifik. Sehingga menjadi lebih unik dan terbebas dari kemungkinan plagiat.

Sebagai pertimbangannya, Anda bisa melihat kembali tentang target pembaca, waktu dan jumlah. Berikut ini beberapa contoh yang bisa diaplikasikan.

  1. Tips Menulis Buku Teks Hanya dalam 15 Hari (contoh terkait dengan waktu)
  2. Tips Menulis Buku Teks untuk Dosen (contoh terkait dengan target pembaca yakni dosen)
  3. 9 Tips Menulis Buku Teks Pertama Bagi Dosen (contoh terkait dengan jumlah dan target pembaca)

 

  1. Sertakan Power Words

Power Words adalah kata-kata yang bisa merangsang emosi atau ketertarikan seseorang. Berbagai pilihan kata ini bisa berupa kata kerja, kata sifat atau kata benda. Berikut ini beberapa contoh dari Power Words, yang bisa melengkapi penulisan judul buku.

  1. Kata Benda: Keajaiban, Kekuatan, Rahasia.
  2. Kata Sifat: Penting, Cepat, Gratis, Ampuh, Jitu, Sederhana, Mudah.
  3. Kata Kerja: Menyingkap, Melipatgandakan, Mendongkrak, Melejitkan.

 

Jadi dengan penambahan Power Words di atas, kemudian Anda bisa membuat judul buku sebagai berikut.

  1. Tips Rahasia Menulis Buku Teks Hanya dalam 15 Hari
  2. Tips Ampuh Menulis Buku Teks untuk Dosen
  3. Menyingkap 9 Tips Menulis Buku Teks Pertama Bagi Dosen

 

  1. Jadikan Judul Buku Semakin Unik

 

Anda bisa membuat judul buku semakin unik, dengan menerapkan tips keempat ini. Caranya dengan menggabungkan format judul utama dengan sub judul.

Judul utama biasanya berkisar satu hingga empat kata. Pemilihan katanya harus gampang diingat. Nah, untuk sub judulnya memberikan informasi terkait isi atau manfaat dari buku. Bagaimana cara mengaplikasikannya?

  1. Teori dan Praktek: Menyingkap 9 Tips Menulis Buku Teks Pertama Bagi Dosen
  2. Kitab Penulis Pemula: Menyingkap 9 Tips Menulis Buku Teks Pertama Bagi Dosen
  3. Dijamin Cepat Mahir: Menyingkap 9 Tips Menulis Buku Teks Pertama Bagi Dosen

 

  1. Mintalah Saran dari Ahlinya

Bila naskah selesai ditulis dan sudah ditentukan judulnya, segera konsultasikan dengan ahlinya. Kalau buku tersebut ingin segera Anda terbitkan, maka bisa langsung menghubungi pihak penerbitnya.

Tim ahlinya akan menentukan apakah judul buku sudah layak atau memerlukan penyempurnaan. Sekaligus memeriksa naskah secara keseluruhan, hingga dipastikan naskahnya layak diterbitkan.

 

Anda bisa mempraktekkan kelima tips memilih judul buku di atas, agar bisa menemukan judul buku yang paling menarik dan marketable.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.