Memahami Cara dan Proses Menerbitkan Buku Self Publishing

Memahami Cara dan Proses Menerbitkan Buku Self Publishing

Setiap penulis pastinya ingin setiap karyanya berlabel buku best seller. Memahami cara dan proses menerbitkan buku sangat penting. Agar bisa mengerti langkah-langkah penting dalam menerbitkan sebuah buku.

 Cara Menerbitkan Buku

Setidaknya ada dua cara dalam menerbitkan buku. Pertama, Anda bisa mengajukan naskah ke penerbit mayor (major publishing). Kedua adalah menerbitkan buku secara mandiri atau self publishing.

Baca juga : 5 Kiat Memilih Jasa Penerbitan Buku Berkualitas

Keuntungan Penulis Cetak Naskah di Penerbitan Buku Online

PENTINGNYA HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL TERHADAP PENERBITAN BUKU

  1. Menerbitkan Buku Melalui Major Publishing

Penerbit tersebut sudah memiliki nama besar, sehingga sangat selektif dalam pemilihan buku yang akan diterbitkan.

Berbagai pertimbangan biasanya digunakan, seperti popularitas penulis dan kesesuaian tema dengan target pasar. Gramedia Pustaka Utama, Bentang Pustaka dan Mizan Pustaka adalah beberapa contoh penerbit mayor di Indonesia.

Kelebihan dari major publishing adalah penulis tidak perlu mengeluarkan biaya penerbitan sendiri, dan distribusi luas. Sayangnya, proses seleksi naskah sangat ketat dan lama, serta royalti yang diberikan terbilang kecil. Biasanya hanya berkisar 10 persen saja.

  1. Menerbitkan Buku Secara Self Publishing

Sesuai dengan istilahnya, maka segala proses menerbitkan buku dikerjakan sendiri. Mulai dari penulisan naskah, editing tulisan, mendesain sampul buku, mencetak buku, melakukan promosi hingga penjualan dan distribusinya.

Cara menerbitkan buku ini lebih fleksibel, dijamin terbit tanpa proses lama dan berpeluang menikmati margin profit yang lebih tinggi.

Supaya memastikan buku yang diterbitkan laku di pasaran, maka tentukan tema sesuai target pasar, pilih penerbit berkualitas dan gencar melakukan promosi. Agar hasil penjualan buku sangat memuaskan.

Penerbit buku self publishing terpercaya akan memberikan berbagai layanan yang meringankan penulis. Seperti membantu proses layout buku, desain sampul buku, pengurusan ISBN (International Standard Book Number), dan bahkan HKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Proses Menerbitkan Buku Secara Self Publishing

Jika Anda sudah memahami cara menerbitkan buku, maka bisa memilih manakah yang paling ideal. Nah, jika menerbitkan buku secara mandiri menjadi pilihan Anda, maka harus memahami proses menerbitkan buku.

  1. Siapkan Naskah Buku

Langkah awal untuk menerbitkan buku adalah menyiapkan naskah. Kalau Anda memiliki naskah yang dianggap menarik dan layak cetak, maka segera diajukan kepada penerbit. Supaya bisa segera diproses menjadi sebuah buku dengan materi dan tampilan yang menawan.

Tentukan genre tulisan agar sesuai dengan target pasar. Kemudian lakukan proses penulisan dan penyuntingan. Supaya tidak terdapat salah ketik atau typo, pemilihan kata yang lebih tepat, alur penulisan yang benar dan sebagainya.

  1. Tentukan Harga Buku

Penentuan harga buku dibutuhkan perhitungan tepat. Tidak terlalu murah atau sebaliknya terlalu mahal. Karena itu, harus melakukan survei dan analisa pasar.

Dengan melakukan survei pasar, maka Anda bisa mengetahui harga pasarannya. Sehingga bisa disesuaikan dengan buku yang beredar di pasaran. Tentunya dengan spesifikasi buku yang sama, seperti ukuran, ketebalan halaman, jenis kertas yang digunakan dan tampilan cetakan.

Sedangkan analisa pasar diperlukan untuk mengetahui gambaran hasil penjualan buku. Seperti target konsumen, target penjualan, biaya promosi, distribusi dan sebagainya. Pada dasarnya serangkaian analisa ini untuk memastikan buku yang diterbitkan laku terjual dan mendapatkan profit yang optimal.

  1. Siapkan Modal Menerbitkan Buku

Besaran modal yang dibutuhkan sangat tergantung dari jenis kertas, jumlah halaman dan jumlah eksemplarnya. Penerbit biasanya menawarkan berbagai paket penerbitan. Sehingga Anda bisa mencetak buku mulai dari jumlah satuan hingga ribuan eksemplar.

Kalau sudah jelas pangsa pasarnya, dan berpeluang terserap dengan cepat oleh pasar, maka bisa langsung menerbitkan dalam jumlah banyak. Sebaliknya, kalau hanya dipasarkan pada komunitas tertentu, maka bisa mencetak buku dalam jumlah terbatas.

  1. Mencetak Buku di Penerbit Berkualitas

Langkah selanjutnya adalah dengan menghubungi penerbit terpercaya. Agar Anda bisa mendapatkan pelayanan memuaskan, harga bersaing dan proses menerbitkan buku lebih cepat. Pilih paket penerbitan yang sesuai dan konsultasikan keinginan Anda. Supaya dibantu dalam proses pembuatan layout dan desain cover bukunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.