Kriteria Buku Berkualitas dan Tempat Menerbitkan Buku Terpercaya

Kriteria Buku Berkualitas dan Tempat Menerbitkan Buku Terpercaya

Anda masih meragukan kualitas naskah sendiri? Cobalah meminta pendapat dari orang lain atau pakar di bidangnya. Agar dibantu dalam melakukan penilaian kualitas tulisan tersebut. Jika dianggap layak cetak, maka segera mencari tempat menerbitkan buku terpercaya. Untuk mendapatkan pelayanan dan hasil cetak terbaik.

Kriteria Buku Berkualitas

Penulis memang tidak bisa sendirian dalam proses penerbitan dan distribusi buku. Setidaknya membutuhkan bantuan editor, layouter, desainer cover buku, tim promosi dan penjualan. Seluruh elemen ini harus sinergi dalam menjalankan perannya masing-masing. Lalu seperti apa kriteria buku yang berkualitas?

Baca juga : 5 Kiat Memilih Jasa Penerbitan Buku Berkualitas

Apakah Bisa Menciptakan Passive Income dari Cetak Buku Indie?

6 Rekomendasi Buku Spesial Hari Buku Nasional

  1. Konten Berkualitas dan Bermanfaat

Sebuah buku harus memberikan konten berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Sehingga bisa memberikan pengaruh positif dan menginspirasi pembaca. Materi harus disampaikan ringkas dengan bahasa yang mudah dipahami.

Konten yang bagus akan mempengaruhi pemikiran pembaca. Sehingga tulisan yang disuguhkan harus benar-benar sesuai fakta dan tidak menyesatkan. Khususnya untuk buku non fiksi.

  1. Tema Buku Sesuai dengan Target Pembaca

Sebelum memulai proses penyusunan sebuah buku, seharusnya penulis sudah bisa melakukan pemetaan terhadap target pasarnya. Hal ini berhubungan erat dengan jenis kelamin, usia, pekerjaan dan sebagainya.

Dengan begitu, sangat memudahkan dalam pemilihan gaya bahasa, diksi dan hingga penggunaan ilustrasi. Keseluruhannya harus disesuaikan dengan target pasarnya. Sehingga Anda bisa menghasilkan buku berkualitas optimal. Bahkan bisa berpengaruh besar terhadap pola pikir pembacanya.

  1. Alur Penulisan Menarik untuk Dibaca

Alur penyampaian tulisan yang mengalir memikat orang untuk membaca buku hingga tuntas. Kenyamanan ini membuat pembaca mudah menyerap informasi yang disampaikan. Sebuah buku akan semakin menarik, kalau memuat informasi yang aplikatif. Sehingga membuat pembaca penasaran untuk membacanya hingga kalimat terakhir.

  1. Materi yang Disampaikan Sangat Unik

Walaupun Anda menulis buku dengan tema yang terbilang pasaran, tetapi mampu menyuguhkan keunikan tersendiri. Keunikan tersebut bisa dilihat dari tampilan, gaya bahasa, konten yang lebih aplikatif dan memberikan solusi berbeda dari berbagai sumber terpercaya. Dengan begitu, buku Anda memiliki poin lebih dibandingkan terbitan lainnya, meskipun mengusung tema yang sama.

  1. Suguhkan Informasi Mutakhir

Semakin mutakhir informasi yang diberikan, maka semakin berkualitas buku tersebut. Data dan informasi yang disajikan harus benar-benar paling aktual. Jika menampilkan data pendukung harus relevan.

Itulah kenapa buku best seller sekalipun, kalau cetak ulang terkadang melakukan sejumlah revisi. Karena bagian tertentu dianggap sudah tidak relevan. Bisa jadi karena sudah mengalami perkembangan, sehingga tidak sesuai dengan kondisi terkini.

Sebelum naskah naik cetak, maka harus benar-benar diperhatikan kualitasnya. Apalagi kalau buku tersebut akan digunakan sebagai buku ajar mahasiswa atau akan didistribusikan secara luas di masyarakat.

Tempat Menerbitkan Buku Berkualitas

Bisa menerbitkan buku adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi penulis. Apalagi kalau sampai laris manis di pasaran. Semangat untuk menulis pasti semakin meningkat. Jika Anda menyerahkan naskah kepada penerbit mayor harus mengikuti birokrasi dan memakan waktu lama. Apalagi kalau terbilang masih penulis baru.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa menerbitkan buku secara mandiri atau self publishing. Sekarang ini sudah banyak penerbit yang menawarkan layanan tersebut. Namun, pastikan selektif dalam pemilihannya. Sebab tidak semuanya memberikan pelayanan dan kualitas memuaskan.

Salah satu tempat menerbitkan buku profesional dan terpercaya adalah Bintang Pustaka. Tersedia layanan konsultasi menulis, paket cetak buku, biaya lebih bersaing, gratis layout, desain sampul dan pengurusan ISBN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.