Cara Menjadi Penulis Buku Bagi Pemula

Cara Menjadi Penulis Buku Bagi Pemula

Peluang menjadi penulis buku semakin terbuka lebar dan mudah. Karena semakin banyaknya penerbit, pelatihan menulis baik gratis maupun berbayar, dan media promosi buku. Sudah tidak sabar untuk memulai menulis? Yuk, pahami dulu cara menjadi penulis buku bagi pemula.

Ikuti Pelatihan Menulis Buku

Memahami teknik penulisan, dan menggali inspirasi ide atau gagasan adalah langkah awal menjadi penulis buku. Khususnya bagi pemula, terus melatih kemampuan menulis harus sering dilakukan. Rintangan dan tantangan bisa datang silih berganti, sehingga harus tepat dalam mengatasinya.

Tentunya pondasi penulis supaya bisa mengembangkan naskah berada pada kemampuannya menulis. Caranya dengan mengikuti pelatihan menulis. Ada banyak pilihannya, apalagi kalau Anda mengikuti komunitas penulis, maka semakin mudah mendapatkan informasinya. Baik pelatihan berbayar maupun gratis.

Umumnya pelatihan tersebut mengajarkan konsep dasar penulisan buku. Mentor juga akan melatih dengan beragam metode penulisan yang tengah populer. Cara menjadi penulis sebenarnya mudah, dengan catatan giat menggali potensi diri.

Pemahaman teknis menulis yang baik dan terus melatih diri akan meningkatkan kualitas tulisan. Karena pengetahuan yang didapat terus dikembangkan.

Berbagai seminar yang berhubungan dengan bidang penulisan juga bisa diikuti. Bedah buku dan seminar bahasa juga sangat disarankan untuk diikuti para penulis pemula. Guna menambah pengetahuan, wawasan dan relasi.

Baca juga : Mengungkap Rahasia Cara Menulis dan Menerbitkan Buku

Tips Produktif Menulis Selama Pandemi

7 Manfaat Instagram untuk Penulis Buku

Berguru dari Pengalaman Penulis Profesional

Agar lebih cepat menjadi penulis yang handal, Anda bisa meniru cara yang dilakukan penulis senior. Setidaknya mereka sudah mengetahui cara yang benar dan salah untuk menjadi seorang penulis buku. Tentunya berdasarkan pengalaman dari penulis bersangkutan.

Penulis senior sudah lama menggeluti bidang penerbitan, penulisan dan redaktur. Biasanya mereka juga senang berbagi ilmu dan pengalamannya dalam menulis dan menerbitkan buku. Kalau belum bisa berguru secara langsung, Anda bisa juga mengikuti kanal media sosialnya. Biasanya mereka juga berbagi melalui media online.

Pilih Genre Tulisan Sesuai Passion Anda

Ada banyak jenis tulisan yang bisa dibukukan, seperti puisi, cerita anak, komik, bacaan, kumpulan cerpen, novel dan buku sekolah. Sangat disarankan untuk sesuaikan dengan passion Anda, sebelum mengembangkan keilmuan dan kemampuan menulis.

Tidak salah jika Anda menyukai seluruh jenis tulisan. Tetapi kalau ingin mengembangkan bidang penulisan buku, sebaiknya memiliki spesifikasi genre tersendiri. Jadi pilihlah jenis tulisan sesuai dengan minat dan ketertarikan Anda. Pelajari segala ilmunya, agar benar-benar memahami dan mengaplikasikannya dengan baik.

Salah satu cara menjadi penulis buku bagi pemula adalah dengan fokus pada satu genre saja. Meskipun begitu, masih banyak juga penulis yang seakan ingin menguasai beragam genre. Memang tidak dilarang, karena masih terkait dengan bidang penulisan. Tapi kalau ingin lebih profesional, maka sebaiknya kuasai satu bidang saja.

Cara tersebut juga memudahkan dalam penggunaan gaya bahasanya. Tentunya gaya bahasa yang digunakan dalam buku cerita anak dengan buku ajar jauh berbeda. Karena perbedaan target pembacanya.

Terbitkan Tulisan Anda

Kalau sudah terbentuk naskah buku, jangan minder untuk segera mempublikasikannya. Anda bisa menawarkannya kepada penerbit mayor atau bisa juga menerbitkannya secara mandiri (self publishing).

Anda sangat diuntungkan dari segi efisiensi waktu dan potensi penghasilan lebih besar, jika berani untuk mencetak dengan biaya sendiri. Sangat berbeda jika mengirimkan naskah ke penerbit mayor. Anda harus menunggu waktu seleksi berbulan-bulan, risiko penolakan dan persentase royalti yang lebih kecil.

Nah, demikian adalah berbagai cara menjadi penulis buku bagi pemula. Jika berminat menerbitkan sendiri, pastikan bekerjasama dengan penerbit terpercaya. Supaya bisa menikmati layanan dan fasilitas memuaskan. Selain itu, biaya cetak buku lebih hemat dan dibantu dalam pemasarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.