Cara Menjadi Penulis Novel Profesional dan Hasilkan Profit Menggiurkan

Cara Menjadi Penulis Novel Profesional dan Hasilkan Profit Menggiurkan

Salah satu jenis buku favorit pembaca adalah novel. Siapa saja bisa menjadi penulis novel, karena tidak diperlukan riset mendalam. Jika Anda berminat menekuni aktivitas menulis novel, sangat penting untuk menyimak cara menjadi penulis novel berikut ini.

Tentukan Ide Cerita dan Segera Mulai Menulis

Terus mengasah kemampuan menulis harus senantiasa dilakukan. Bagi yang masih belajar, terkadang memang terasa sulit untuk memulai. Bahkan hanya untuk menyelesaikan satu kalimat, apalagi satu paragraf.

Sebelum memulai menulis, sangat tepat bila Anda menjabarkan ide atau gagasan cerita dan kerangka novelnya. Kemudian mulailah bercerita dengan menggunakan bahasa sederhana, tetapi enak dibaca. Sehingga tidak membuat pembaca merasa bosan.

Seringkali ide menulis datang tanpa diduga. Padahal saat di depan laptop atau komputer, ide tulisan terasa sulit muncul. Namun, ketika Anda melakukan aktivitas lain, seperti berkendara, menyantap makananan dan sebagainya, ide bisa mengalir dengan deras.

Karena itu, Anda harus sering membawa kertas dan pena atau smartphone. Gunanya untuk segera mencatat saat ide datang. Karena jika tidak segera mencatatnya, terkadang mudah melupakannya.

Baca juga: Mengungkap Rahasia Cara Menulis dan Menerbitkan Buku

Keuntungan Penulis Cetak Naskah di Penerbitan Buku Online

Writing Tools yang Penulis Wajib Tahu

Perkaya Pengetahuan dengan Sering Membaca

Penulis handal juga harus gemar membaca. Apalagi kalau terbilang baru memulai aktivitas menulis novel. Maka sangat penting untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan dengan membaca novel karangan penulis lain sesering mungkin.

Kebiasaan ini dianggap sebagai resep jitu, agar siapa saja mahir dalam menulis. Dengan gemar membaca maka bisa memperkaya kosakata, mengetahui hal-hal baru dan sebagainya, yang bisa menjadi bahan menarik untuk novel yang akan Anda tulis.

Jadi, Anda tidak hanya membaca novel saja, tetapi juga media lainnya, seperti surat kabar, majalah, website, menonton televisi dan sebagainya. Karena akan sangat banyak informasi dan pengetahuan yang akan Anda peroleh.

Dengan begitu, sangat membantu dalam pengembangan ide cerita, penentuan karakter, alur cerita dan sebagainya. Anda juga lebih bisa membuat analisa pasar, terkait genre novel yang sedang tren di masyarakat, dan ide cerita yang belum tersentuh penulis lain.

Pantang Menyerah dan Menikmati Prosesnya

Agar bisa menjadi penulis novel profesional tentunya harus digapai dengan penuh perjuangan. Berbagai halangan dan rintangan jangan sampai memupus impian. Justru menjadi cambuk untuk terus melakukan berbagai upaya terbaik. Dengan begitu, suatu saat akan menikmati kesuksesan.

Jangan lelah untuk terus menimba ilmu, agar bisa menghasilkan tulisan yang menarik dan berkualitas. Belajarlah dari para mentor yang sudah terbukti kesuksesannya. Kemudian jangan pernah berhenti untuk mulai menulis dan menulis hingga kalimat terakhir.

Setelah itu, jangan malu untuk segera mempublikasikannya. Anda harus percaya diri saat menawarkannya kepada pihak penerbit. Jika harus menerima penolakan, jangan menyerah untuk menawarkannya ke penerbit lain.

Pahami Mekanisme Penerbit Novel

Kalau Anda sudah menyusun novel hingga akhir cerita dan dianggap layak cetak, segeralah menghubungi penerbit. Kalau Anda berambisi agar bisa diterbitkan di penerbit mayor, maka harus rela menunggu seleksi naskah, dan bersaing dengan penulis lain.

Sebenarnya Anda juga bisa mengandalkan penerbit indie atau self publishing, untuk memastikan novel bisa segera diterbitkan. Caranya dengan bekerjasama dengan penerbit terpercaya. Mereka akan memberikan berbagai dukungan layanan memuaskan, seperti membantu pembuatan layout, desain sampul hingga mengurus ISBN dan HKI (Hak Kekayaaan Intelektual).

Jika Anda masih bingung dengan cara menjadi penulis novel, bisa segera berkonsultasi dengan pihak penerbit. Agar Anda mendapatkan pendampingan, dan dibantu proses penerbitan novelnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.