Lompat ke konten

Bintang Pustaka I Penerbit Buku Pendidikan I Anggota IKAPI

Kenapa Masih Malas Menulis?

Malas Menulis

Mengatasi rasa malas untuk menulis bisa menjadi tantangan bagi banyak penulis. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat membantu Anda mengatasi rasa malas dan meningkatkan produktivitas dalam menulis:

Tetapkan tujuan yang jelas

Tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin Anda capai dalam menulis. Mengetahui alasan mengapa Anda menulis dan apa yang ingin Anda capai dapat memberikan motivasi tambahan.

Buat jadwal menulis

Tetapkan jadwal rutin untuk menulis dan patuhi komitmen tersebut. Jadwal tersebut dapat berupa waktu harian, mingguan, atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Disiplin diri dalam menjalankan jadwal dapat membantu membentuk kebiasaan menulis yang lebih baik.

Mulailah dengan hal kecil

Rasa malas sering kali muncul karena merasa terbebani oleh tugas menulis yang besar. Mulailah dengan menulis sesuatu yang kecil, misalnya beberapa kalimat atau satu paragraf. Hal ini dapat membantu memecah kegiatan menulis menjadi tugas yang lebih mudah dan dapat diselesaikan dengan cepat.

Temukan tempat yang nyaman

Cari tempat yang nyaman dan bebas dari gangguan untuk menulis. Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda dalam hal lingkungan yang memotivasi. Beberapa orang lebih baik bekerja di ruangan yang tenang, sementara yang lain membutuhkan latar belakang musik atau suara alam.

Hilangkan gangguan

Matikan ponsel, nonaktifkan notifikasi dari media sosial, dan hindari gangguan lainnya yang dapat menghalangi fokus Anda saat menulis. Hindari godaan untuk memeriksa email atau melakukan tugas lain yang tidak terkait dengan menulis.

Temukan sumber inspirasi

Temukan sumber inspirasi yang dapat membangkitkan semangat menulis Anda. Bisa melalui membaca buku, mengikuti blog penulis, atau berinteraksi dengan komunitas penulis. Melibatkan diri dalam kegiatan yang memotivasi dapat membantu mengatasi rasa malas dan meningkatkan kreativitas.

Beri diri Anda reward

Berikan diri Anda reward setelah menyelesaikan tugas menulis tertentu. Reward tersebut bisa berupa waktu luang untuk melakukan hal yang Anda nikmati, membeli sesuatu yang Anda inginkan, atau apapun yang membuat Anda merasa bersemangat.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Jika Anda merasa malas untuk menulis, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Terkadang, jeda sejenak dari menulis dapat membantu memulihkan semangat dan kreativitas. Jangan biarkan rasa malas menghalangi Anda untuk mencoba lagi dan terus melangkah maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *