Terbukti Efektif! Begini Cara Memasarkan Novel Sendiri

Terbukti Efektif! Begini Cara Memasarkan Novel Sendiri

Salah satu aktivitas yang harus gencar dilakukan setelah penerbitan buku atau novel adalah promosi. Supaya sebuah novel bisa lebih cepat dikenal target pembaca. Sehingga angka penjualannya sesuai dengan harapan. Penulis juga bisa mempromosikan karyanya sendiri. Bagaimana cara memasarkan novel sendiri?

  1. Promosi Novel dengan Bedah Buku

Jumpa penulis dan acara bedah buku adalah salah satu cara efektif untuk mempromosikan buku baru. Anda bisa menjalin kerjasama dengan toko buku. Manajemen toko pasti sangat senang, karena bisa berdampak manis untuk penjualan bukunya.

Kemudian undanglah komunitas penggemar buku. Biasanya mereka sangat menyukai acara tersebut, karena bisa berjumpa langsung dengan penulis. Selain itu, biasanya juga digelar penjualan buku dengan harga diskon, berpeluang mendapatkan doorprize dan sebagainya.

Pastikan acara dikemas dengan semenarik mungkin, dan tentunya memberikan manfaat bagi para pengunjung. Biasanya mereka menginginkan penulis bisa memaparkan novel secara menghibur dan bisa menghadirkan hal-hal yang mungkin tidak terpikirkan kebanyakan orang.

Sesi tanya jawab adalah kesempatan yang ditunggu-tunggu peserta bedah buku dan jumpa penulis. Maka siapkan waktu yang memadai, agar lebih banyak peluang peserta memberikan pertanyaan. Selain itu, penandatanganan buku dan bagi-bagi buku gratis juga momen yang ditunggu-tunggu.

Baca juga : Cara Menjadi Penulis Novel Profesional dan Hasilkan Profit Menggiurkan

Tips Penting Sebelum Cetak Buku Novel

Bukan Uang! Inilah Modal Menerbitkan Buku

  1. Promosi Novel Melalui Media Sosial

Selain melakukan promosi secara konvensional, Anda jangan pernah melewatkan media online. Karena sarana ini terbukti sangat efektif untuk memasarkan produk apapun, termasuk novel. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan masih banyak lagi.

Cara promosi novel ini bahkan bisa dilakukan dengan biaya rendah. Karena cukup menyediakan konten promosi dan jaringan internet yang memadai. Anda tidak harus membuat desain promosinya melalui komputer. Konten promosi juga bisa dibuat melalui smartphone. Karena sudah banyak aplikasi gratis, untuk membuat editing foto dan video.

Anda bisa menciptakan konten promosi yang viral, jika mengemasnya dengan bagus. Agar meningkatkan peluang repost, bisa juga dengan mention penulis lain, selebgram dan sebagainya. Harapannya mereka tertarik juga untuk menyebarkan postingan Anda.

  1. Bangun Toko Online Sendiri untuk Promosi dan Penjualan Novel

Anda bisa membangun toko online untuk memasarkan novel sendiri. Toko online yang dimaksud tidak hanya berupa website, tetapi bisa juga dengan membuat akun jualan di berbagai marketplace, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya.

Cara ini sangat efektif dan efisien untuk menambah penghasilan. Jadi penulis novel tidak hanya mengandalkan royalti dari penerbit. Dengan melakukan penjualan novel sendiri, penulis akan mendapatkan potongan harga khusus dari penerbit. Nah, penulis bisa mengambil margin keuntungan dari diskon novel tersebut.

Berbagai trik penjualan bisa dilakukan, agar terus meningkatkan angka penjualan. Seperti program bundling, flash sale, cashback, potongan harga, subsidi atau gratis ongkos kirim, bonus khusus dan lain sebagainya.

  1. Menjalin Kerjasama dengan Media Online

Semakin banyak media online yang mengulas novel Anda, tentunya sangat menguntungkan. Untuk itu, Anda bisa mengajak kerjasama banyak media online. Khususnya yang menyediakan slot untuk ulasan buku atau novel baru. Bentuknya bisa kerjasama peliputan.

Anda bisa mengajukan surat kepada pihak media untuk menjalin kerjasama tersebut. Nah, jika disetujui dan artikel mengenai ulasan novel Anda diterbitkan, pastinya sangat membantu promosinya. Tentunya dengan target yang tepat dan jangkauan lebih luas.

Bentuk kerjasama lainnya dengan memberikan buku gratis sebagai giveaway. Namun, pastikan media online tersebut sangat kredibel dan sesuai dengan target pembaca novel Anda. Agar cara memasarkan novel sendiri ini membuahkan hasil penjualan yang manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.