Situs dan Aplikasi Parafrase Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Situs dan Aplikasi Parafrase Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Baik mahasiswa maupun pelajar, bukanlah hal yang asing dengan tugas berupa penulisan esai ataupun makalah. Umumnya, salah satu indikator penilaiannya didasarkan pada orisinalitas tulisan.

Anda mungkin pernah atau bahkan seringkali melakukan praktik copy paste dalam prosesnya, karena keterbatasan pengetahuan. Oleh sebab itu, saya kira Anda perlu untuk melakukan parafrase guna tetap menjaga keaslian tulisan Anda.

Baca juga: Menggali Prosa Lama Sebagai Bahan Tulisan yang Unik untuk Diterbitkan

Agar Tulisan Terhindar dari Plagiarisme, Kenali Aplikasi Anti Plagiarisme

6 Tips Proofreading Agar Tulisan Layak Cetak

Mengenal Parafrase

Berbeda dengan plagiarisme, parafrase adalah upaya untuk merangkai kalimat yang diadopsi dari kalimat lain, hanya saja pengungkapannya menggunakan kalimat yang lebih sederhana, tanpa mengubah makna. Hal tersebut bukanlah tindakan yang melanggar hukum, sebab itulah banyak penulis menggunakan praktik ini untuk menghindari tindakan plagiarisme pun untuk menyederhanakan kata agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Jenis-Jenis Parafrase

Parafrase bisa dilakukan dengan cara manual dan juga otomatis. Manual adalah pengubahan kata dan kalimat tanpa mengubah makna yang dilakukan tanpa menggunakan alat. Untuk melakukan parafrase secara manual dibutuhkan keahlian khusus di bidang penulisan

Sedangkan parafrase otomatis adalah pengubahan kata dan kalimat yang dilakukan dengan menggunakan alat berupa website dan aplikasi, biasanya diakses secara online. Tujuannya tentu saja untuk mempermudah dan menghemat waktu, dan yang terpenting tidak dibutuhkan keahlian khusus.

Untuk mempermudah parafrase Anda, saya akan menyajikan daftar beberapa situs web dan aplikasi yang bisa diakses tanpa biaya atau gratis. Berikut daftarnya:

  1. SEO Magnifier

Kelebihan dari SEO Magnifier adalah layanan parafrasedalam 7 bahasa, yaitu bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Prancis, Turki, Spanyol, dan Indonesia. Selain itu, SEO Magnifier juga menyediakan layanan cek plagiarisme, penulisan ulang artikel dan lain-lain.

Mengenai langkah-langkah melakukan parafrase Anda bisa membuka situs web https://seomagnifier.com/. Jika Anda ingin memparafrasekan teks, silahkan pilih ‘paraphrasing tools’ kemudian salin ke dalam kotak dan klik ‘paraphrase it’. Jika prosesnya sudah selesai Anda bisa menyalin hasilnya ke dalam dokumen tulisan Anda.

  1. Spinner

Sama saja dengan Seo Magnifier, spinner juga dapat diakses gratis dan mudah. Di spinner.id Anda bisa melakukan parafrase total maupun sebagian, tergantung kebutuhan.

Hanya saja spinner bisa diakses dengan menggunakan akun sehingga Anda diharuskan membuat akun lebih dahulu. Selain itu, jumlah bahasa yang ada hanya sebatas bahasa Indonesia saja.

Untuk proses memparafrasekan teks di spinner kurang lebih sama dengan cara parafrase di SEO Magnifier.

  1. Paraphrasing tool

Jika spinner.id hanya bisa memparafrasekan teks bahasa Indonesia, paraphrasing malah hanya bisa memparafrasekan teks bahasa Inggris. Kendati begitu, fitur yang diberikan paraphrasing tools lebih sederhana sehingga akan memudahkan Anda dalam proses memparafrasekan teks bahasa Inggris.

Itulah beberapa situs dan aplikasi yang dapat saya rekomendasikan untuk membantu praktik parafrase otomatis kepada  Anda. Akan tetapi, saya lebih menganjurkan untuk melakukan parafrase secara manual, sebab selain bermanfaat untuk menunjang skill menulis, Anda juga dapat menyesuaikan dengan gaya menulis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *