Kampus-kampus Berikut Memiliki Layanan Konseling, Simak Siapa Saja!

belajar

Layanan konseling sejatinya tak hanya bagi orang-orang yang memiliki permasalahan berat. Bagi mahasiswa, layanan konseling juga dibutuhkan misalnya untuk mengkonselingkan terkait akademik. Kini, layanan konseling tak hanya tersedia di puskesmas maupun fasilitas kesehatan semata. Kampus-kampus yang memiliki fakultas psikologi khususnya, biasanya juga memiliki layanan konseling yang dapat diakses oleh mahasiswa hingga masyarakat umum.

Namun, keberadaan layanan konseling di kampus biasanya kurang disadari keberadannya oleh mahasiswa dan hanya diketahui oleh mahasiswa lingkup fakultas. Padahal, keberadaan layanan konseling cukup dibutuhkan mengingat mahasiswa mulai memasuki masa dewasa awal yang memungkinkan munculnya berbagai permasalahan baru dalam kehidupan. Tak hanya itu, adanya layanan konseling di kampus biasanya memberikan benefit bagi mahasiswa. Baik itu dari segi biaya maupun jarak. Sebab, layanan konseling di kampus biasanya tak jauh dari lokasi kampus bahkan terkadang berada di lingkungan kampus. Berikut adalah beberapa kampus yang memiliki layanan psikologi. Layanan ini dapat diakses oleh mahasiswa atau pun masyarakat umum.

  1. Universitas Ahmad Dahlan

Sebagai kampus yang memiliki Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan memiliki dua layanan konseling, yaitu Laboratorium Psikologi Terapan (LPT) di bawah naungan Fakultas Psikologi serta Unit Bimbingan dan Konseling Tingkat Universitas (UBKU) dari Biro Kemahasiswaan dan Alumni. LPT Fakultas Psikologi merupakan sebuah unit pelayanan jasa psikologi yang memiliki tenaga ahli di bidang psikologi kompeten dalam memberikan layanan psikologi klinis, psikologi pendidikan, psikologi industri, dan psikologi sosial. Adapun lingkup klien LPT Fakultas Psikologi adalah masyarakat umum, tidak terbatas hanya dari lingkup Fakultas Psikologi maupun Universitas Ahmad Dahlan saja.

Sementara itu, Unit Layanan Bimbingan dan Konseling didirikan dalam rangka meningkatkan layanan bagi mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. Layanan tingkat universitas ini melayani permasalahan psikologi dan kesehatan mental, layanan ideologis dan keagamaan, layanan kesehatan reproduksi, dan permasalahan akademik.

  1. Universitas Diponegoro

Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro memiliki sebuah badan konsultasi yang memfasilitasi proses konseling bagi mahasiswa yang bernama Badan Konseling Mahasiswa Fakultas (BKMF). Adanya BKMF bertujuan untuk membantu menangani permasalahan-permasalahan akademik maupun non-akademik yang dialami mahasiswa. Dosen-dosen fakultas psikologi Universitas Diponegoro menjadi konselor dalam layanan konseling ini. Sementara itu, klien dari BKMF adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro baik dalam konseling individu maupun kelompok.

Baca juga: Daftar Kampus yang Telah Membuka Program Pendidikan Profesi Psikologi di Indonesia. Siap Mendaftar?

  1. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya memiliki dua layanan konseling, yaitu Layanan Konseling Mahasiswa (LKM) untuk tingkat universitas dan Badan Konseling Mahasiswa (BKM) untuk tingkat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). LKM bertujuan untuk memfasilitasi atau membantu mahasiswa dalam menghadapi permasalahan sehari-hari yang bisa berdampak pada performa akademis mahasiswa. Sementara itu, BKM bertujuan untuk memudahkan atau membantu mahasiswa FISIP untuk menangani permasalahan sehari-hari yang dapat berdampak pada prestasi mahasiswa. Adapun konselor BKM adalah dosen Departemen Psikologi FISIP Universitas Brawijaya yang memperoleh kompetensi melakukan konseling mahasiswa.

  1. Universitas Kristen Maranatha

Pusat Pelayanan Psikologi Terpadu (P3T) adalah pusat layanan psikologi yang dinaungi oleh Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha. Jasa layanan dari P3T dapat diakses oleh pihak internal kampus hingga masyarakat umum. Selain itu, adanya biro psikologi ini juga ditujukan sebagai tempat mahasiswa melakukan kerja praktik. Pelayanan P3T didukung oleh psikolog professional dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya. Adapun pada ranah konseling khususnya ada pada lingkup konseling terkait karier, pendidikan, dan pernikahan.

  1. Universitas Padjajaran

Unit Layanan Konseling di Universitas Padjajaran yang berada di bawah naungan Fakultas Psikologi adalah Pusat Konseling Universitas Padjajaran (PKUP). PKUP dapat diakses oleh seluruh civitas akademika Universitas Padjajaran, seperti mahasiswa, tenaga kependidikan, maupun dosen yang membutuhkan bantuan psikologis secara gratis. Sementara itu, khusus bagi mahasiswa, PKUP memiliki misi untuk membantu dan mengembangkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan dalam permasalahan hidup. Adapun layanan konsultasi dan konseling yang dimiliki PKUP, yaitu konsultasi dan konseling bimbingan karir, kesulitan belajar, penyesuaian diri di bidang akademik, pertemanan dan interaksi sosial, pekerjaan dan organisasi, serta permasalahan psikologis lainnya yang memerlukan penanganan lebih serius.

Itulah beberapa kampus yang memiliki layanan psikologi. Tentu masih banyak kampus yang juga memiliki layanan tersebut, khususnya yang memiliki Fakultas Psikologi. Keberadaan layanan psikologi, khususnya layanan konseling di kampus, sejatinya memang harus diketahui oleh mahasiswa karena kampus telah menyediakan layanan tersebut. Bagaimana dengan kampus tempat Anda menempuh ilmu? Apakah memiliki layanan psikologi baik untuk mahasiswa maupun masyarakat umum?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *