Inilah Ciri-ciri Penelitian yang Baik dan Benar

Inilah Ciri-ciri Penelitian yang Baik dan Benar

Inilah Ciri-ciri Penelitian yang Baik dan Benar

Penelitian atau karya ilmiah merupakan karya tulis yang disusun untuk memecahkan suatu permasalahan dengan berbagai landasan teori dan pembuktian melalui data. Penelitian biasanya berisikan berbagai fakta, data, hingga solusi mengenai berbagai masalah.

Namun, dengan keterbukaan informasi pada zaman sekarang, banyak penelitian yang tidak menunjukkan ciri-ciri penelitian yang baik dan benar. Banyak kesalahan umum yang terjadi pada penelitian.

Untuk itu, perlu mengenali ciri-ciri penelitian ilmiah yang baik dan benar.

  1. Jelas dan fokus

    Penelitian ilmiah harus memiliki tujuan yang jelas dan fokus terhadap benda atau sesuatu yang sedang diteliti. Selain itu, masalah yang sedang diteliti haruslah benar-benar sebuah masalah. Sehingga, data yang terkumpul dari penelitian tersebut memang digunakan untuk pemecahan masalah.

    Dengan rumusan masalah yang jelas di dalam suatu penelitian ilmiah, maka penelitian akan lebih fokus, terarah, efektif, dan efisien dalam menyelesaikan suatu masalah.
    Inilah Ciri-ciri Penelitian yang Baik dan Benar

  2. Prosedur Penelitian yang rinci

    Seperti pada ciri sebelumnya, penelitian ilmiah memang harus menjelaskan secara rinci masalah ah yang akan diselesaikan. Untuk itu, di dalam penelitian ilmiah juga harus menjelaskan serinci mungkin tentang prosedur penelitian yang akan dilakukan.

    Prosedur penelitian akan sangat berpengaruh terhadap pengambilan data dan hasil penelitian itu sendiri.

  3. Laporan yang lengkap dan sistematis

    Seri selanjutnya adalah laporan yang lengkap dan sistematis. Maksudnya, kelengkapan mencakup teori-teori yang mendukung penelitian dan pemecahan masalah. Baik sumber data, hingga pustaka, dari primer hingga sekunder.

  4. Analisa yang tepat

    Ini adalah tentang rencana yang baik dan detail tentang desain penelitian yang akan dilakukan. Analisa yang tepat adalah salah satu aspeknya. Analisa akan menentukan dan berbagai langkah-langkah selanjutnya dalam penelitian.

  5. Kesimpulan dan saran bukan dari pribadi
    Penelitian ilmiah yang baik dan benar akan menyimpulkan hasil penelitian bukan dari pribadi, namun berdasarkan dengan data yang diperoleh dari serangkaian proses penelitian yang sudah dilakukan. Dengan kata lain, kesimpulan bukanlah pendapat pribadi dengan tanpa dasar.

    Sehingga, dalam pengambilan kesimpulan hingga saran sudah seharusnya berdasar kepada data yang telah diambil dalam proses penelitian. Boleh saja berpendapat, tapi hal tersebut bukanlah hal yang utama. tetap saja pendapat harus berdasar kepada data yang sudah ada.

  6. Peneliti berintegritas
    Poin ini adalah poin terakhir yang sangat berpengaruh terhadap penelitian ilmiah. Integritas adalah perpaduan berbagai pohon yang ada di atas. Seorang peneliti berintegritas pasti sangat ditunggu-tunggu hasil penelitiannya. Bagaimana jika pengertian dikeluarkan oleh mahasiswa yang baru saja skripsi?

    Tentu saja, integritas tetap berada di atas segalanya. Tidak melakukan copy paste, atau tidak melakukan plagiasi.

Itulah beberapa poin yang mencirikan penelitian ilmiah yang baik dan benar. Tentu saja, penelitian ilmiah akan sangat berguna sebagai pendukung penelitian-penelitian selanjutnya di masa depan.

Untuk itu, ada baiknya menggunakan penelitian yang baik dan benar sebagai referensi untuk penelitian Anda.

Inilah Ciri-ciri Penelitian yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *