Mengenal Budaya Dayak Lengilu di Dataran Tinggi Borneo (Nilai-Nilai Lokal, Kebudayaan, Alat-Alat, Seni, dan Folklor)

Rp100.000

Penulis telah mengumpul data sejak tahun 1992 namun terhenti kerana kesibukan yang begitu padat sebagai gembala jemaat, guru SMPK, Sekdes Tanjung Lapang, pengurus KUD, Bendahara Resort dll. Kemudian pada tahun 2003 penulis mendapat kesempatan melayani sebagai Gembala Jemaat di GKPI Binuang-Krayan Tengah dan diberi kepercayaan mengajar di SMPN 2 Binuang Krayan Selatan, Kabupaten Kabupaten Nunukan, sebagai guru mengajar mata pelajaran Muatan Lokal yakni Seni Budaya Lun Dayeh. Mengingat buku pegangan guru tidak ada maka penulis berusaha menggali sendiri, melengkapi catatan-catatan yang sudah ada.

Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas pertolongan-Nya penulis dapat menulis tentang Budaya Dayak Lundayeh Sub. Lungilu Krayan Tengah, Kecamatan Krayan Tengah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Dayak Lundayeh Sub. Lungilu Krayan Tengah Kec. Krayan Selatan terdiri dari tiga Lokasi Desa yaitu: (1) Lokasi Desa Ba’Liku. (2) Lokasi Desa Binuang dan, (3) Lokasi Desa Long Padi.
Adapun lokasi tersebut terbagi menjadi beberapa desa, Lokasi Ba’ Liku terdiri dari: Desa Ba’ Liku, Desa Pa’ Yalau, dan Desa Long Rian. Lokasi Binuang terdiri dari: Desa Binuang, Desa Pa’ Milau dan Desa Long Mutan. Lokasi Long Padi terdiri dari: Desa Long Padi dan Desa Tang Badui. Seluruh Desa yang ada di Krayan Tengah ada delapan Desa. Dasar penulisan Mengenal Budaya Dayak Lengilu di Dataran Tinggi Borneo, Krayan Tengah ini dilakukan dimana penulis merasa terbeban dan terdorong untuk mencatat apa yang tidak pernah tercatat selama ini supaya anak cucu di kemudian hari dapat mengetahui tentang budaya nenek moyangnya.

Jumlah Halaman

x + 155

Ukuran Buku

15.5×23 cm

Penulis

Yudan Frans Rining dan Lio Bijumes

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Mengenal Budaya Dayak Lengilu di Dataran Tinggi Borneo (Nilai-Nilai Lokal, Kebudayaan, Alat-Alat, Seni, dan Folklor)”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kategori