Manfaat Google Scholar untuk Akademisi

Ingin mencari referensi terbaik untuk membuat makalah? Anda bisa mengandalkan Google Scholar. Layanan ini memudahkan pelajar, mahasiswa atau kalangan akademisi dalam mencari jurnal dan menyimpannya. Berikut ini beberapa manfaat Google Scholar untuk para akademisi.

 

  1. Memudahkan Pencarian Jurnal atau Artikel

Pastikan Anda menuliskan kata kunci atau keyword yang tepat dan spesifik dalam pencarian jurnal atau artikel. Dengan cara ini, hasil pencariannya akan sesuai keinginan. Sebab Google Scholar juga mengusung mekanisme yang sama dengan Google.

Bagaimana cara mengakses layanan tersebut? Pastikan Anda mengunjungi laman https://scholar.google.com/. Setelah itu bisa langsung mengetikkan kata kunci di kolom search bar. Kemudian layanan ini akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan sesuai kata kuncinya. Selain itu juga berdasarkan hasil yang paling sering dikutip oleh akademisi lainnya.

Kalau ternyata hasil pencariannya tidak sesuai harapan Anda, maka bisa memanfaatkan fitur Advanced Search. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh hasil pencarian yang semakin spesifik. Layanan ini berada di sidebar halaman utama, jadi tidak akan sulit menemukannya.

 

  1. Anda Bisa Membuat Perpustakaan Pribadi

Fungsi perpustakaan pribadi ini untuk menyimpan artikel dari hasil pencarian di Google Scholar. Caranya sangat mudah dengan mengklik ikon yang berada di bagian bawah hasil pencarian. Ikon tersebut berbentuk bintang.

Melalui menu My Library yang berada pada sidebar, Anda bisa melihat artikel yang sudah disimpan di perpustakaan. Anda juga bisa sekaligus melihat daftar informasi terkait dengan artikelnya. Agar lebih mudah saat mengaksesnya, Anda bisa menyimpan artikel pada label-label tertentu.

 

  1. Atur Notifikasi

Kalau Anda sedang meneliti berbagai isu yang tengah berkembang, adanya fitur notifikasi sangat bermanfaat. Karena sebagai notifikasi kalau sudah ada artikel yang baru saja dipublikasikan. Jadi Anda bebas mengatur notifikasi terkait dengan kata kunci yang diinginkan.

Cara memanfaatkan fitur ini sangat mudah. Cukup memilih menu Alerts yang berada di sidebar dengan simbol amplop. Selanjutnya mengklik ikon Create Alert dan memasukkan kata kunci pada Alert Query.

Anda bisa mengatur seberapa banyak hasil pencarian yang secara otomatis akan terkirim melalui email. Dengan cara tersebut, maka Anda tidak perlu takut lagi ketinggalan artikel-artikel terbaru.

 

  1. Telusuri Artikel Terkait

Setelah memperoleh artikel yang relevan dengan keinginan, Anda juga bisa mendapatkan artikel terkait untuk menambah sumber bacaan. Anda cukup mengklik tautan Related Articles, yang ditempatkan di bagian bawah artikel.

Artikel terkait yang akan muncul bisa jadi karena kesamaan penulis, kata kunci atau terdapat kemiripan pada judulnya. Anda bisa menelusuri sebanyak mungkin artikel tersebut, supaya mendapatkan banyak referensi.

 

  1. Permudah Pembuatan Daftar Pustaka

Membuat daftar pustaka ketika menyusun makalah, skripsi, tesis atau disertasi biasanya sangat merepotkan. Untunglah sekarang sudah ada Google Scholar, karena bisa membantu dalam penyusunan daftar pustaka dengan sangat mudah dan cepat.

Untuk menikmati layanan tersebut, cukup dengan mengklik ikon tanda kutip yang terletak di bagian bawah artikel. Kemudian akan muncul citation sesuai dengan format yang diinginkan, seperti APA, MLA, Chicago atau Harvard. Hasilnya bisa langsung disalin dan dipindahkan ke aplikasi Microsoft Word.

 

Banyaknya manfaat Google Scholar, tentunya sangat sayang bila tidak Anda gunakan. Cara penggunaannya juga relatif mudah, sehingga lebih cepat dikuasai. Dengan adanya layanan ini mencari sumber karya ilmiah tidak lagi sulit. Sudahkah Anda menikmati kemudahan yang ditawarkan Google Scholar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.