Pengertian Tabel, Fungsi, Jenis Beserta Contohnya

Pengertian Tabel, Fungsi, Jenis Beserta Contohnya

Tabel pada dasarnya digunakan untuk menyajikan informasi berupa data hasil dari penelitian. Isi dan terminologi dari tabel disesuaikan dengan konteks data penelitian yang akan disajikan. Oleh karena itu, tabel tersebut disusun secara sistematis dan terstruktur untuk memudahkan pembaca memahami isi tabel secara tepat dan akurat. Untuk lebih jelasnya, sobat pustaka bisa menyimak pembahasan berikut.

1. Pengertian Tabel

Berdasarkan KBBI, tabel  adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yg tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak. Tabel digunakan sebagai suatu alat bantu visual yang berfungsi menjelaskan informasi yang tersaji dengan singkat dan jelas sehingga lebih cepat dipahami dan pembaca mudah menyimpulkan dibandingkan informasi yang disajikan secara naratif.

Baca juga: Teknik Penulisan Tabel dalam Karya Tulis Ilmiah

Tips Mengubah Hasil Penelitian menjadi Buku

Self Publishing Cara Mudah Menerbitkan Buku

Selain pengertian umum, berikut definisi tabel menurut para ahli.

  • Nurhadi (2015)

Nurhadi menjelaskan tabel merupakan sajian data yang berupa angka-angka yang disajikan dalam bentuk baris dan kolom yang diklasifikasikan secara sistematis menurut kesatuan tertentu.

  • Database Guide (2016)

Database Guide mengungkapkan arti tabel mirip dengan lembar kerja dalam aplikasi spreadsheet. Baris tertera secara horizontal dan mewakili setiap record. Kolom tertera secara vertikal dan mewakili bidang tertentu. Baris dan kolom berpotongan, membentuk kisi. Perpotongan baris dan kolom menentukan setiap sel dalam tabel.

2. Fungsi Tabel

Setelah memahami pengertian tabel, sobat pustaka wajib mengetahui fungsi tabel dalam penggunaannya. Secara umum, tabel memiliki tiga fungsi seperti penjabaran berikut.

  • Memberikan informasi secara ringkas

Tabel memberikan penjelasan atas suatu fakta atau informasi secara singkat sehingga lebih menarik dibandingkan dengan menggunakan kata-kata. Meski ringkas, hanya dalam tabel saja sudah dapat mendukung para penulis menyampaikan berbagai gagasan yang dapat meyakinkan para pembaca.

  • Memudahkan Pembaca

Tabel memberi kemudahan kepada pembacanya sebab data yang tersaji disusun secara sistematis sehingga lebih mudah dimengerti. Terlebih dalam tabel juga dapat memberikan informasi perubahan pada suatu data yang dapat berupa kenaikan ataupun penurunan. Dan  tabel berfungsi pula dalam memberikan ikhtisar kepada para pembaca berupa angka-angka yang tersusun secara rapi.

  • Menggeneralisasikan Komunikasi

Tabel sebagai alat komunikasi yang memungkinkan suatu bentuk generalisasi informasi dari sejumlah besar konteks sosial atau ilmiah yang tidak terhingga. Tabel menyediakan cara yang familier untuk menyampaikan informasi yang terkadang kurang jelas agar lebih mudah dipahami.

3. Jenis Tabel dan Contohnya

Ada beberapa perbedaan cara penyajian tabel yang disesuaikan penggunaanya. Berikut beberapa jenis tabel beserta contohnya.

  • Tabel Satu Arah/ Tabel Sederhana

Tabel satu arah menyajikan keterangan tentang satu karakteristik saja. Karakteristik tersebut bervariasi seperti jumlah, frekuensi, ukuran yang biasanya dinyatakan dalam angka. Tabel satu arah merupakan jenis tabel yang paling sederhana dan mudah untuk dibuat.

Contoh tabel satu arah.

Jumlah Data Barang Pada Toko Elektronik X

Tabel

  • Tabel Dua Arah

Tabel dua arah adalah jenis tabel yang menyajikan hubungan antara dua karakteristik. Misalnya tabel yang berisi data jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan umur atau jumlah mahasiswa berdasarkan jurusan dan IPK.

 

Contoh tabel dua arah.

Jumlah Mahasiswa Universitas Y

tabel 2

  • Tabel Tiga Arah/ Tabel Tingkat Tinggi/Tabel Manifold

Tabel tiga arah merupakan jenis tabel yang menyajikan hubungan antara tiga karakteristik sekaligus. Misalnya tabel tersebut berisi data penduduk berdasarkan kecamatan, jenis kelamin, umur, atau data mahasiswa yang berdasarkan jenis kelamin, jurusan, dan semester.

Contoh tabel tiga arah.

Umur Kendaraan di Kota Z

tabel 3

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian tabel, fungsi, jenis beserta contohnya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.