Tips Mengubah Hasil Penelitian menjadi Buku

Tips Mengubah Hasil Penelitian menjadi Buku

Mengubah hasil penelitian menjadi buku merupakan kepuasan tersendiri bagi para akademisi karena tulisan ilmiahnya dipublikasikan secara profesional. Terlebih bagi kalangan dosen dengan mempublikasikan buku dapat menunjang jenjang karir. Dengan mengetahui jenis karakter buku yang dibuat akan memudahkan mengubah hasil penelitian menjadi buku. Sebab penelitian merupakan bahan dasar yang tinggal dibentuk saja menjadi buku.

Baca juga: Mengenal Pedoman Menulis Buku Referensi

Fungsi Bagian Bab Pendahuluan Pada Buku Referensi

Cara Menulis Resensi Buku Non-Fiksi

Berikut beberapa tips untuk  memudahkan sobat pustaka mengubah hasil penelitian menjadi buku.

  1. Menyusun Kerangka Buku

Tips pertama dalam mempercepat proses pengkonversian, yaitu dengan menyusun kerangka buku. Umumnya dalam hasil penelitian sudah terdapat struktur buku sehingga anda tinggal mengembangkannya. Dengan menyusun kerangka buku dapat membantu anda menyiapkan berbagai bahan serta referensi untuk tahap selanjutnya.

  1. Menentukan Jenis Buku

Meskipun berdasarkan hasil penelitian, anda dapat menentukan jenis buku yang akan diubah. Jenis bukunya pun tidak harus menjadi buku ilmiah. Sehingga dapat ditulis dengan bahasa yang lebih luwes. Jadi penentuan jenis buku dapat membantu gaya bahasa yang akan digunakan.

  1. Mengumpulkan Bahan atau Referensi

Bahan yang digunakan untuk membuat buku dari hasil referensi bisa saja masih kurang, karena penelitian hanya berisi bab yang ringkas sementara untuk dijadikan buku harus dikembangkan. Oleh karena itu, diperlukan tambahan bahan referensi yang disesuaikan dengan kerangka buku yang sudah dibuat.

  1. Mengedit Tata Bahasa

Bahasa yang digunakan pada hasil penelitian biasanya bersifat kaku. Seperti yang disinggung sebelumnya, bahasa perlu diubah disesuaikan dengan jenis buku yang akan dibuat.

  1. Mengambil Pokok Bab 1 dan 2

Anda dapat mengambil pokok dari bab 1 dan 2 yang dibuat sederhana untuk dijadikan bagian depan buku.

  1. Menyederhanakan Bab 4

Bab 4 biasanya akan memaparkan hasil yang umumnya menggunakan lebih banyak bahasa ilmiah, tabel, grafik, dan semacamnya. Maka perlu disederhanakan dan dipaparkan menggunakan bahasa keseharian. Tata bahasa disesuaikan dengan jenis buku yang sudah ditentukan di awal tadi.

  1. Kesimpulan Menjadi Implementasi

Pada  bagian ini merupakan bagian yang penting. Kesimpulan pada penelitian dapat digunakan untuk memaparkan implementasi pembuatan buku.

  1. Mengubah Judul yang Kaku

Judul penelitian yang kaku kurang diminati pembaca. oleh karena itu, judul bisa anda ubah tetapi tetap menyesuaikan isi buku.

  1. Melakukan Penyuntingan

Penyuntingan perlu dilakukan untuk mengecek kembali buku apakah sesuai dengan hasil penelitian.

  1. Komitmen dan Konsisten

Terakhir, yang pastinya harus komitmen dan konsisten. Anda wajib melakukannya untuk menyelesaikan proses konversi. Teruslah menulis buku anda meski perlahan namun sebaiknya dilakukan setiap hari untuk menghindari kemalasan.

Demikianlah beberapa tips yang bisa sobat pustaka gunakan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.