Apa Saja Format-Format Buku Digital?

Anda ingin menulis ebook atau buku digital? Sangat penting untuk mengenal bermacam formatnya. Karena dengan memahaminya memudahkan dalam proses publikasinya. Penggunaan format ini juga akan berpengaruh terhadap tingkat ketebalan buku. Apa saja format buku digital yang paling sering digunakan?

Apa Saja Format-Format Buku Digital?

Format Buku Digital Terpopuler

Setidaknya ada lima format yang biasa diterapkan dalam pembuatan buku digital. Berbagai format tersebut mungkin tidak terlalu penting bagi pembaca. Namun, bagi penulis tidak ada salahnya kalau memahaminya. Nah, apa saja yang perlu diketahui?

  1. Portable Document Format (PDF)

Produk besutan Adobe ini memang dirancang untuk dimanfaatkan dalam pertukaran dokumen. Dengan begitu, dokumen tersebut bisa dipublikasikan secara online. Software ini memang sangat mudah diakses di berbagai perangkat. Karena itu paling familiar digunakan.

Buku digital berformat PDF sangat fleksibel. Anda bisa mengubah ukuran font agar tampil lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan keinginan. Kelebihannya itu sangat mendukung penjualan buku digital secara online dan offline.

  1. MOBI (MobiPocket)

Kelebihan dari format ebook ini adalah bisa menampilkan software yang terpasang pada PDA dan smartphone. Cara ini sangat memudahkan dalam mengakses buku digital. Keuntungan saat menggunakan format ini adalah bisa melakukan konversi txt file, rtf, Html atau doc ke format lain.

  1. Proprietary Amazon atau AZW

Format ini memang dikhususkan bagi penulis yang ingin mempublikasikannya melalui Amazon. Sebenarnya formatnya sangat mirip dengan MOBI. Karena tidak selalu menyertakan DRM (Digital Rights Management). Format DRM hanya diberlakukan bagi format kindle amazon saja.

  1. Electronic Publication (EPUB)

Pada dasarnya format ini mengacu pada XHTML dan XML. Kedua format tersebut sudah sangat familiar bagi para blogger. Alasan format EPUB mengaplikasikan standar XML dan XHTML, karena memang berkaitan erat dengan dunia maya. Berbagai pengembangan dilakukan, sehingga selalu muncul versi terbaru dari EPUB.

  1. Palm File Database (PDB)

Format ebook ini lebih kompatibel untuk perangkat dengan platform atau sistem operasi palm. Sehingga PDB ini lebih cocok untuk diaplikasikan pada format PalmDoc (AportisDoc) maupun format eReader.

Nah, itulah beberapa format ebook yang lebih sering digunakan. Selain kelima format ebook di atas, masih terdapat varian lainnya, seperti Compress HTML (CHM), Topaz File Extension (TPZ), Palm Resource File (PRC) dan KF8.

Apa Saja Format-Format Buku Digital?

Anda Tertarik Membuat Buku Digital?

Tren membaca buku digital semakin tinggi, dibandingkan dengan buku fisik. Kondisi pasar ini bisa menjadi peluang emas bagi para penulis. Tentunya dengan mempublikasikan buku digital yang menarik dan menyuguhkan banyak manfaat.

Selain menerbitkan buku cetak, semakin banyak penerbitan yang menawarkan buku digital. Berbagai keuntungan bisa dinikmati oleh para penulis. Seperti mendapatkan layanan gratis untuk desain sampul, editing dan proofreading, pengurusan ISBN, cetak dummy book, pelaporan arsip ke Perpusda atau Perpusnas, dipublikasikan di Google Playbooks, memperoleh E-Sertifikat Penulis, dan royalti dengan besaran berkisar 15%.

Kalau Anda tertarik untuk membuat buku digital, pastikan menjalin kerjasama dengan penerbit profesional dan terpercaya. Dengan begitu bisa menikmati segala fasilitas dan layanan yang sudah dijanjikan.

Selain itu, penerbit juga sangat transparan dengan hasil penjualan ebook karya Anda. Karena sangat berpengaruh besar terhadap besaran royalti atau penghasilan yang berhak Anda dapatkan.

Setelah mengenal berbagai format buku digital, Anda bisa mulai menggali ide dan gagasan menarik untuk dituangkan menjadi ebook. Beberapa software bisa diandalkan dalam pembuatan ebook, seperti Calibre, Sigil dan ePUBEE Maker.

 

Mau Menerbitkan Buku Pendidikan, Ajar, Referensi, Monograf dan Jenis Buku Pendidikan Lainnya, Silahkan Hubungi Penerbit Bintang Pustaka Madani Anggota Ikapi. Info Keredaksian Hubungi Telpon Kantor: 0274-4358369, WA. Redaksi: 085865342317

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.