Lompat ke konten

Bintang Pustaka I Penerbit Buku Pendidikan I Anggota IKAPI

Hubungan Antara Membaca Buku Dengan Menulis Buku

Hubungan Antara Membaca Buku Dengan Menulis Buku

Tahukah kalian membaca buku erat kaitannya dengan menulis buku? Kegiatan membaca berbanding lurus dengan kemampuan menulis. Anda akan dengan mudah menulis jika banyak membaca buku yang membahas tulisan anda. Oleh karena itu, tulisan yang baik memerlukan penyajian diksi yang tepat yang bisa anda dapat dari banyak membaca. Berikut beberapa penjabaran terkait hubungan antara membaca buku dengan menulis buku.

  1. Menambah Wawasan

Membaca dapat menambah wawasan anda sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis. Misal anda ingin menulis tentang jamur, maka anda harus banyak membaca buku tentang Jamur. ‘Jamur’ saja tidak cukup, anda harus lebih menspesifikasikannya. Budidaya jamur, macam-macam jamur, berbagai jamur konsumsi, anda dapat mendapat informasi tersebut dengan mengobservasi. Namun jika tidak bisa secara langsung, hal mudah dan murah yang bisa anda lakukan hanya dengan membaca.

Baca juga: Rekomendasi Drakor Bertema Literasi

Mengenal Tanda Asterisk, Apostrof, dan Ampersand yang Jarang Diketahui

Penyebab Writer’s Block dan Cara Mengatasinya

  1. Memperkaya Kosakata

Bosan dengan tulisan anda yang itu-itu saja? Itu berarti anda kekurangan kosakata. Dengan banyak membaca, anda akan mendapatkan kosakata baru yang bisa anda gunakan dalam tulisan. Hanya dengan membaca satu buku, anda akan mendapat ratusan bahkan ribuan kosakata yang bisa anda gunakan. Penyajian kata yang variatif dan tepat akan menghasilkan tulisan yang ciamik dan tidak menjemukan untuk dibaca. Contohnya kata ‘hasutan’, jika anda banyak membaca buku anda dapat menggantikan kata tersebut dengan kata; agitasi, provokasi, persuasi, evokasi, dan lainnya.

  1. Belajar Teknik Menulis

Dari membaca buku, anda dapat mengetahui teknik menulis penulis lain. Anda bisa mengobservasinya dengan banyak membaca buku. Semua orang bisa menulis, namun sulit untuk menggunakan teknik menulis yang mampu membuai pembaca ke dalam pandangan penulis. Itulah sebabnya anda perlu membaca dan meningkatkan kemampuan menulis. Kemampuan menulis tidak didapat begitu saja, anda perlu banyak membaca dan terus berlatih.

  1. Membuat Ide Berlimpah

Seringkali kita bingung dalam memulai sebuah tulisan. Hal tersebut dikarenakan minimnya referensi bacaan anda. Membaca buku akan membuat anda mendapat ide yang melimpah untuk menulis bakal buku yang akan anda terbitkan. Membaca dapat merangsang otak anda untuk selalu menghasilkan ide-ide cemerlang. Sehingga anda dapat menulis lancar dan menghindari adanya writer’s block.

  1. Memperluas Sudut Pandang

Dengan membaca buku akan memperluas sudut pandang anda dalam menulis. Membaca akan membuat anda melihat permasalahan dari banyak sudut pandang. Selain itu, anda dapat menemukan unique selling point penulis tersebut sehingga bisa menjadi referensi anda dalam menulis. Hal tersebut berguna bagi anda penulis novel karena dapat memunculkan ide yang beragam dalam menentukan jalan cerita novel.

Sudut pandang yang berbeda dari penulis lain akan membuat tulisan anda mudah diingat pembaca.

Demikian pembahasan hubungan membaca buku dengan menulis buku. Perbanyak bacaan, tingkatkan kemampuan menulis anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *