Mengenal Blurb Buku, Manfaat, dan Tips Membuatnya

Mengenal Blurb Buku, Manfaat, dan Tips Membuatnya

Salah satu daya pikat sebuah buku terletak pada tampilan blurb-nya. Karenanya back cover ini harus mampu memaparkan keunikan dan keunggulannya. Sehingga buku tersebut layak untuk dimiliki. Yuk, mengenal blurb buku, manfaat dan tips membuatnya.

 

Mengenal Blurb Buku

Blurb merupakan konten promosi sebuah buku. Sehingga harus menjelaskan sisi menarik dari sebuah buku secara singkat. Biasanya hanya berkisar 2-4 paragraf saja. Jadi cukup 15-30 detik saja untuk membacanya. Bahasanya harus ringkas dan powerfull.

Blurb sangat berbeda dengan sinopsis. Karena tidak menjelaskan secara lengkap kandungan bukunya. Sebagai contoh sinopsis sebuah novel, maka akan menjabarkan alur cerita secara lengkap. Mulai dari awal cerita, konflik dan hingga penyelesaian konfliknya. Bahkan dikenalkan juga dengan tokoh, karakter tokoh dan latar ceritanya.

Sedangkan blurb hanya menyuguhkan potongan ceritanya saja. Tanpa memberitahu akhir ceritanya. Harapannya calon pembaca lebih penasaran, sehingga memutuskan untuk membeli novelnya.

Agar semakin memikat biasanya ditampilkan juga testimoni beberapa tokoh ternama, yang sangat terpukau dengan buku tersebut. Bahkan bisa memetik banyak manfaat dari bukunya.

 

Manfaat Blurb Buku Bagi Penulis dan Pembaca

Memikat calon pembeli tidak hanya bisa mengandalkan cover depan buku saja. Harus diperkuat dengan tampilan bagian belakangnya atau yang dikenal dengan blurb. Sehingga pembaca bisa memutuskan untuk segera membelinya atau tidak.

Karena itu, blurb buku harus tampil sangat memikat. Bagi penulis atau penerbit buku, keberadaan blurd tentunya sangat penting. Khususnya terkait dengan oplah penjualannya. Sedangkan bagi calon pembaca sangat membantu untuk memilah, dan menentukan buku manakah yang layak dibeli.

Penerbitan mayor menyerahkan tugas pembuatan blurb kepada tim redaksi. Sedangkan kalau bukunya diterbitkan secara mandiri atau self publishing, maka penulis bisa membuat kreasi blurb sendiri. Karenanya, selain menulis buku bisa sembari berlatih membuat blurb yang menarik.

 

Tips Membuat Blurb Menarik

Blurb ibarat presentasi singkat tentang manfaat dan keunikan sebuah buku. Oleh karena itu, Anda harus menguasai tips membuat blurb yang memikat. Apa saja yang perlu Anda perhatikan?

 

  1. Cantumkan Kategori Buku

Informasi kategori bisa ditempatkan pada bagian atas atau bawah buku. Cara ini memudahkan pihak toko buku untuk menempatkannya di rak yang tepat. Selain itu, calon pembeli juga lebih mudah menemukannya.

 

  1. Tulis Headline yang Memikat

Jangan menuliskan ulang judul buku di bagian back cover. Selain terlihat membosankan, juga sekaligus menunjukkan sikap kurang kreatif. Anda bisa menuliskan kata atau kalimat yang lebih memikat.

 

  1. Buat Deskripsi yang Memukau

Tidak harus membuat deskripsi yang panjang. Cukup dibuat dengan singkat dengan bahasa yang mudah dipahami. Karena pembaca ingin langsung mengetahui isi dari buku yang akan dibelinya. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu berada di toko buku.

 

  1. Janjikan Manfaat Lebih

Kalau Anda menulis buku dengan topik yang sudah banyak di pasaran, tentunya harus bisa tampil beda. Berikan berbagai keunikan, manfaat dan kelebihan lainnya yang tidak bisa didapatkan di buku lainnya. Dengan begitu, pembaca bisa merasakan banyak manfaat yang diinginkannya.

 

  1. Sampaikan Testimoni dari Orang Berkompeten

Kalau buku Anda mendapatkan ulasan positif dan rekomendasi dari tokoh ternama atau orang yang berkompeten pastinya akan lebih memikat pembaca. Jadi, jangan sampai tidak menampilkan bagian penting ini pada blurb buku.

 

  1. Tunjukkan Prestasi Penulis

Tentunya pembaca akan lebih terpikat dengan karya penulis handal. Karena itu jangan lupa paparkan kapabilitas dan kredibilitas penulis di sampul belakang buku. Dengan begitu, pembaca bisa mengetahui kemampuan penulis, dan sangat yakin tulisannya bisa dipercaya.

 

  1. Tuliskan Kalimat Closing yang Tepat

Meskipun sudah mengetahui manfaat buku dan mengenal penulisnya, tak berarti pembaca akan langsung membelinya. Karena bisa saja masih ada keraguan untuk segera memilikinya. Karena itu dibutuhkan kalimat closing yang memikat. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak membelinya.

Bisa dengan menjanjikan perubahan signifikan setelah membaca dan mempraktekkan isi buku. Bahkan memberikan garansi uang kembali, kalau ternyata pembaca tidak mendapatkan manfaat apapun.

Nah, mudah bukan membuat blurb buku yang memikat? Pastikan apa yang tertulis di blurb sesuai dengan isi bukunya. Sehingga pembaca tidak merasa tertipu, dan bahkan merekomendasikan buku tersebut kepada banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.