Macam-macam Teknik Analisis Data menurut Para Ahli

Macam-macam Teknik Analisis Data menurut Para Ahli

Seorang peneliti yang akan melakukan sebuah penelitian sudah seharusnya mengenal teknik analisis data. Data bisa dikumpulkan dengan berbagai cara. beberapa di antaranya adalah survei, observasi, wawancara mendalam, dan seterusnya. Setelah data dikumpulkan, tentunya peneliti harus menganalisa data-data tersebut.

Untuk mengolah dan menganalisa berbagai data yang sudah dikumpulkan, peneliti perlu mengetahui dan mempraktikkan teknik analisis data.

Secara umum, data bisa dianalisa dengan dua jenis teknik. Yaitu teknik analisis data penelitian kualitatif, dan kuantitatif. Kedua jenis tersebut memiliki teknik-teknik lain yang lebih detail untuk dapat dilakukan.

Inilah macam-macam teknik analisis data menurut para ahli :

  1. Teknik analisis data kualitatif

    Teknik ini akan menganalisa sesuai dengan data yang berasal dari pengumpulan data dengan cara cara merekam dan mencatat, tinjauan pustaka, wawancara, hingga partisipasi. (Rohmadi & Nasucha, 2015:34)

    Teknik analisis ini sangat berfokus kepada data-data yang bersifat kualitatif. Pada teknik analisis kualitatif, akan menganalisa serta membahas berbagai konsep dari permasalahan yang tidak disertai dengan angka-angka.

    Penelitian kualitatif memiliki tiga teknik yang dapat dijalani. Yang pertama adalah analisis konten atau isi, analisis wacana, dan analisis naratif.

    Analisis konten
    Menurut Krippendorf (1989:403), teknik analisis ini akan menganalisa data-data dalam konteks tertentu yang berkaitan dengan atribut budaya atau individu dan kelompok. Analisis ini akan sangat krusial dalam teknik penelitian di bidang ilmu sosial.

    b. Analisis wacana
    Analisis wacana untuk penelitian kualitatif memiliki tujuan untuk menganalisa berbagai wacana serta komunikasi dalam suatu bidang sosial tertentu. Lalu dikaji dalam analisis wacana bermacam-macam, dari pidato, bahasa, tulisan, dan seterusnya.

    c. Analisis naratif
    Yang terakhir dari penelitian kualitatif adalah analisis naratif yang bertujuan untuk menganalisa dan meneliti berbagai deskripsi dari suatu peristiwa yang terjadi. Hasil dari analisis naratif ini biasanya berupa narasi atau cerita. contohnya adalah kajian biografi.

  2. Teknik analisis data kuantitatif

    Berkebalikan dari teknik analisis data kualitatif, kuantitatif adalah teknik yang mengolah berbagai data yang berisi angka angka serta statistik tertentu. Pada teknik ini, biasanya berhubungan dengan angka numerik dan dihitung dengan berbagai rumus statistik.

    Teknik kuantitatif memiliki 2 teknik, yaitu statistik deskriptif dan analisis inferensial.

    Statistik deskriptif
    Statistik deskriptif pada analisis data kuantitatif akan menganalisa data dengan cara menggambarkan berbagai data yang ditemukan secara real. Deskripsi yang ditulis akan sesuai dengan berbagai data yang berupa angka dan statistik. Contoh dari analisis deskriptif kuantitatif adalah perhitungan data dan jumlah.
    Macam-macam Teknik Analisis Data menurut Para Ahli
    b. Statistik inferensial
    Statistik inferensial akan bertugas untuk menarik sebuah simpulan terkait beberapa variabel yang diteliti berdasarkan data yang telah diperoleh. Data atau statistik yang diperoleh yg akan di generalisasi disajikan pada populasi.

Itulah macam-macam teknik analisis data menurut para ahli. Sebagai peneliti, tentunya Anda harus mengetahui berbagai teknik analisis data yang dapat memudahkan Anda mengolah data yang diperoleh.

Dengan begitu, penelitian anda akan lebih valid karena didukung data yang diolah dengan benar.

Macam-macam Teknik Analisis Data menurut Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.