Reklamasi : Potensi Revegetasi Lahan Berkelanjutan

Rp66.000

Setelah kegiatan penambangan selesai, perlu dilakukan kegiatan yang bertujuan untuk mengelola kualitas lingkungan yang terganggu, baik lingkungan udara, tanah, dan air. Sasarannya  adalah memperbaiki lahan bekas tambang agar dapat dimanfaatkan kembali dan berkelanjutan. Agar kriteria keberhasilan reklamasi dapat tercapai, kegiatan revegetasi perlu memperhatikan antara jenis tanaman yang dipilih dan syarat tumbuh tanaman dengan kondisi lahan. Tanaman lokal yang mudah tumbuh di lahan yang ekstrim tanpa banyak perlakuan, cepat tumbuh dan tidak memerlukan hara yang banyak, menghasilkan serasah yang banyak dan mudah terdekomposisi, sistem perakaran yang baik dan mampu bersimbiosis dengan mikroba tertentu, merangsang datangnya vector pembawa biji, mudah dan murah dalam perbanyakan, penanaman dan pemeliharaanya merupakan pilihan utama. Gaharu dapat direkomendasikan untuk ditanam pada lahan pasca tambang batubara.

Setelah kegiatan penambangan selesai, perlu dilakukan kegiatan yang bertujuan untuk mengelola kualitas lingkungan yang terganggu, baik lingkungan udara, tanah, dan air. Sasarannya  adalah memperbaiki lahan bekas tambang agar dapat dimanfaatkan kembali dan berkelanjutan. Agar kriteria keberhasilan reklamasi dapat tercapai, kegiatan revegetasi perlu memperhatikan antara jenis tanaman yang dipilih dan syarat tumbuh tanaman dengan kondisi lahan.

Tanaman lokal yang mudah tumbuh di lahan yang ekstrim tanpa banyak perlakuan, cepat tumbuh dan tidak memerlukan hara yang banyak, menghasilkan serasah yang banyak dan mudah terdekomposisi, sistem perakaran yang baik dan mampu bersimbiosis dengan mikroba tertentu, merangsang datangnya vector pembawa biji, mudah dan murah dalam perbanyakan, penanaman dan pemeliharaanya merupakan pilihan utama. Gaharu dapat direkomendasikan untuk ditanam pada lahan pasca tambang batubara.

Jumlah Halaman

viii + 67

Ukuran Buku

15.5×23 cm

Penulis

Yustina Hong Lawing, S.T., M.Si. Hendra, S.T.

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Reklamasi : Potensi Revegetasi Lahan Berkelanjutan”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori